Cara Membuat File Default Htaccess WordPress Selfhosted

Bagi para blogger mungkin sudah tidak asing dengan kata WordPress. Merupakan salah satu paltform blogging yang paling banyak digunakan selain blogspot milik Google. Menurut Wikipedia WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. Selain banyak digunakan untuk blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena mudah untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Pada artikel ini akan dibahas pengertian, fungsi, dan cara membuat file default htaccess wordpress.

Pengertian file .htaccess

Htaccess adalah akronim atau singkatan dari Hypertext Access dan merupakan file konfirgurasi yang digunakan oleh server website berbasis Apache untuk mengelola directory langsung. File Htaccess adalah sebuah metode untuk mengkonfigurasi rincian situs web tanpa perlu memodifikasi file konfigurasi server. File Htaccess sendiri sangat penting dan konfigurasi yang salah dapat mempengaruhi semua file di direktori saat ini dan direktori di bawahnya.

Fungsi file Htaccess pada wordpress

Pada WordPress file Htaccess digunakan untuk memanipulasi bagaimana Apache menampilkan file dari direktori root dan dibawahnya. Yang paling penting wordpress menggunakan file htaccess untuk mengatur permalink pada website.
Secara default file default htaccess adalah sebagai berikut :

Untuk situs berbasis WordPress yang menggunakan Multisite setting htaccessnya adalah sebagai berikut :

Cara Membuat file default htaccess

File htaccess biasanya akan otomatis dibuat ketika wordpress telah di install pada web server Apache. Namun jika file tersebut tidak ditemukan atau terhapus, Anda dapat membuatnya secara manual. Untuk pengguna cPanel hosting silahkan pilih menu File Manager > Aktifkan opsi ‘Show Hidden Files’ > Public_html > New File > .htaccess > Creat. Lalu pilih dan edit file .htaccess tersebut dan isi dengan kode htaccess di atas.

Cara Membuat File Default Htaccess WordPress

htaccess file

Kesimpulan

Dari artikel diatas diharapkan anda sudah mengetahi pengertian, fungsi, dan cara membuat file default htaccess wordpress dan dapat digunakan untuk pengaturan setting url atau permalink website.

Terimakasih atas kunjungan anda di Pingsut Web, untuk mendapatkan update terbaru gratis silahkan bookmark (tekan tombol ctrl+D) atau bisa subscribe untuk mendapatkan update melalui email.

Leave a Reply

*

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh